Pengertian Java

Pengertian Java
Java adalah sebuah bahasa pemrograman yang bersifat multi plaform, yang artinya bahasa pemrograman java dapat kamu kerjakan di hampir semua perangkat elektronik seperti komputer. Bahkan bahasa pemrograman java dapat kamu kerjakan juga di hampir seluruh smartphone yang support bahasa pemrograman java.

Java memiliki slogan yaitu "Tulis sekali, jalankan dimana pun". Slogan ini memperkuat sifat java itu sendiri yang dapat kamu jalankan di berbagai platform dan device.

Java adalah bahasa pemrograman Object Oriented Programming atau yang biasa disingkat OOP yang merupakan sebuah paradigma atau teknik dalam pemrograman yang berorientasikan objek.

Didalam OOP, Fungsi dan Variable(data) dibungkus didalam sebuah objek atau class yang dapat saling berintraksi, hingga menjadi sebuah program.

Pasti masih agak bingung ya?hehe, mari kita permudah : perhatikan gambar dibawah ini

OOP (Object Oriented Programming)

Maksudnya adalah sebuah variable/data dan fungsi dibungkus didalam sebuah objek, jadi didalam sebuah objek berisi variable dan fungsi.

Sejarah Java
Bahasa java awalnya dibuat oleh James Gosling pada saat ia masih tergabung dalam Sun Microsystem yang saat ini merupakan bagian dari Oracle yang dirilis pada tahun 1995.

Bahasa java banyak mengadopsi sintaks(bentuk bahasa)  dari C dan C++ tetapi dengan bentuk model yang lebih sederhana.

Sejarah Perkembangan Java
Bahasa pemrograman java lahir dari sebuah tim yang dinamai The Green Project. Project ini berjalan selama 18 bulan, pada saat awal tahun 1991 hingga musim panas pada tahun 1992.

Project ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan 9 programer lainnya dari Sun Microsystem. Dan project ini membuahkan hasil yang menjadi maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang.

Pada saat musim panas di tahun 1992 project ini ditutup dan menghasilkan sebuah program pertama yaitu Java Oak, sebuah program yang ditujukan untuk pengendali peralatan yang memiliki teknologi touch screen (layar sentuh). Dan teknologi ini dinamai *7 (Star Seven).

Sebuah anak perusahaan di salah satu TV kabel tertarik dengan project dari The Green Project, dan mereka pun menarik beberapa orang The Green Project. Yang memiliki kegiatan yang berpusat di sebuah ruangan 100 Hamilton Avenue didaerah Palo Alto, ini dimulai setelah era star seven.

Perusahaan Tv kabel ini pun secara singkat semakin bertambah maju, yang awalnya hanya berjumlah 13 orang kemudian menjadi 70 orang. Pada awal tahun 1990, internet hanya digunakan untuk kalangan akademis dan militer. Dan karena perusahaan itu berkembang semakin pesat, mulai ditetapkan penggunaan internet untuk perusahaan itu sebagai media untuk menjembatani kerja dan ide diantara mereka.

Sebuah browser yang bernama Mosaic dijadikan sebagai landasan awal untuk membuat perambah Java pertama yang dinamai Web Runner, nama Web Runner itu sendiri terinspirasi dari film Blade Runner pada tahun 1980. Dan pada saat perkembangan rilis pertama, nama Web Runner diubah menjadi Hot Java.

Pada tanggal 23 Mei 1995, sebuah surat kabar San Jose Mercury memberitakan untuk pertama kalinya kode sumber Java versi 1.0 dibuka, dan membuahkan kesuksesan yang besar.

Pada suatu hari disebuah ruangan hotel Sheraton Palace sekitar pukul 04.00 waktu setempat, terjadi perpecahan pada mereka. Eric Schmidt, George Paolini, dan Marc Andreessen yang merupaka tiga pimpinan utama project mengundurkan diri dan membentuk Netscape.

Nama Oak diambil dari sebuah pohon oak yang ditumbuh didepan jendela ruang kerja James Gosling yang biasa disebut "Bapak Java". Karena ada sebuah perangkat lunak lain yang mendaftarkan nama tersebut, nama oak pun tidak dipakai di versi release Java.

Sehingga diambil nama penggantinya menjadi "Java", nama Java itu pun diambil dari kopi tubruk kesukaan James Gosling. Konon katanya kopi ini berasal dari pulau Jawa, Indonesia. Jadi diambilah kata "Java" yang merupakan bahasa inggris dari Jawa.

Wah jadi sejarah bahasa pemrograman java masih ada sangkut paut dengan negara kesayangan kita, yaitu Indonesia (:

Keunggulan Java

1. Multiplatform
Bahasa pemrograman Java bersifat multiplatform, yang artinya dapat dikerjakan di berbagai sistem operasi. Bahkan bahasa Java juga dapat kita kerjakan di smartphone kesayangan kita.

2. Berorientasikan Objek
Diatas sudah dijelaskan tentang  apa itu OOP (Object Oriented Programming), yang mana sebagai bahasa yang berorientasikan objek, membuat bahasa java menjadi mudah untuk membuat, mendesain, dan mengembangkan sebuah program berbasi Java.

3. Memiliki Library (perpustakaan) yang lengkap
Bahasa pemrograman Java terkenal dengan Library nya yang cukup lengkap, yang mana suatu kumpulan program yang disertakan dalam Java ini membuat para programer menjadi lebih mudah dalam membangun aplikasinya.

4. Memiliki sintaks yang mirip C++
Sintaks yang mirip dengan C++ membuat para programer yang awalnya menggunakan C++ kemudian hijrah ke Java. Banyak universitas universitas di Amerika yang mulai menerapkan bahasa Java kepada mahasiswanya karena dinilai lebih mudah untuk dipahami, karena bahasanya yang mirip dengan bahasa sehari hari.

5. Mudah untuk dikembangkan
Bahasa Java sangat mudah dikembangkan oleh para programer, yang mana kelak dengan bahasa pemrograman Java. Akan banyak lahir para programer programer yang handal dan kreatif dalam pengembangan sebuah aplikasi.

Contoh Coding menggunakan Java

Disini saya akan memberikan contoh dasar coding menggunakan bahasa Java.

Saya coding di Android menggunakan aplikasi Java N-IDE, karena menurut saya untuk belajar dasar dasar java bisa kita lakukan di smartphone kita. Yang akan membuat kita lebih cepat bisa karena kita dapat coding dengan mudah tanpa ribet mengeluarkan laptop.

Sebenarnya banyak aplikasi coding yang bisa di smartphone, kalian bisa baca di

7 Aplikasi terbaik untuk coding di Android

Pertama anda harus siapkan aplikasi Java N-IDE yang dapat anda download di playstore.

Java di android

Setelah proses download dan instalasi selesai, anda dapat langsung membuat folder baru

Contoh coding java di android

Setelah itu anda akan dihadapkan pada sebuah class kosong, yang dimana anda akan melakukan coding disitu. Langsung saja anda ketikan coding berikut.

Coding java di android

Fungsi dari System.out.println("..."); adalah untuk menampilkan teks yang anda taruh di dalam tanda titik dua (") dan ditutup oleh titik dua (") dan (;)

Jika sudah, anda klik pada kanan atas sebuah simbol yang berbentuk seperti tombol play, yang berfungsi untuk menjalankan program yang anda buat.

Dan hasilnya akan seperti berikut

Coding java di android

Mudah bukan? Sebenarnya coding itu mudah asal kita mau berusaha dan berlatih secara giat agar lebih cepat jago dan pandai dalam menguasai dunia programing.


Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf. Jangan lupa di share ke temen temen semua agar ilmu yang disampaikan dapat bermanfaat bagi banyak orang (:. Jangan lupa kritik dan sarannya di kolom komentar atau bisa langsung ke email saya (: